Nama : SEVI AYU CLAUDIA
Kelas : XII MULTIMEDIA 2
PROGRAM APLIKASI PEMBUAT
GRAFIS
A.PROGRAM GRAFIS BERBASIS
VEKTOR DAN BITMAP
program aplikasi untuk
membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya,seperti
page maker, corel photo paint, corel draw, adobe photo shop dan masih
banyak lagi yang lainnya. tetapi yang akan di bahas di sini program
aplikasi coreldraw dan adobe photo shop.
Coreldraw merupakan salah
satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan
editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system
dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing
suatu objek.
sedangkan adobe photoshop
merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengedit
sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa
menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di scan ke dalam
komputer.
1. Pengertian grafis
vektor dan bitmap
grafis vektor adalah
objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis.
grafis bitmap adalah ojek gambar yang dibentuk berdasarkan
titik-titik dan kombinasi warna.
2. Kelebihan dan
kekurangan grafis vektor dan bitmap
kelebihan grafis vektor
a. ruang penyimpanan
untuk objek gambar lebih efisien
b. objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan
bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
c. dapat dicetak pada
resolusi tertinggi printer anda
d. menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif
lebih mudah dan menyenangkan
kekurangan grafis vektor
tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima
ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap.
kelebihan grafis bitmap
a. dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga
dapat membuat objek tampil sesuai keinginan
b. dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek
gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat
ditentukan
kelemahan grafis bitmap
a. objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika
diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar di perbesar.
b. efek yang didapat dari objek berbasis bitmap yakni
akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada
resolusi yang lebih rendah.
Program grafis secara umum
terbagi menjadi dua:
1. Grafis berbasis vektor
Desain grafis vektor
adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude
dan direction.
Pada citra grafis bebasis
vektor, terdapat ciri-ciri sebagai berikut.
a. tersusun oleh kurva (path). Path terdiri dari garis
dan beberapa titik atau disebut anchor point.
b. bersifat resulotion independent, artinya kualitas
gambarnya tetap baik tanpa bergantung resolusinya. jika gambar di
perbesar, warna tetap
kontinu/baik dan tidak
pecah warna maupun bentuknya.
c. cocok untuk pembuatan
gambar dengan warna yang sederhana.
d. gradasi warna harus
diolah dulu oleh desainer.
e. menyimpan gambar dengan format EPS, VMF, atau sesuai
dengan program yagn dijalankan, misalkan coreldraw dengan format CDR,
Macromedia freehand dengan format F, adobe ilustrator dengan format
AI.
f. nyaman digunakan untuk
me-layout publishing, membuat font, dan ilustrasi
g. space penyimpanan lebih
kecil.
Software
untuk ,menghasilkan citra grafis bebasis vektor dikenal dengan
istilah draw software. software ini dapat dikelompokkan menjadi dua
bagian, yaitu software aplikasi gratis berbasis vektor s dimensi
(2D) dan tiga dimensi (3D).
a. software aplikasi
grafis bebasis vektor 2D
yang termasuk kategori ini antara lain adobe
ilustrator, macromedia freehand, dan corel draw.
b. software untuk grafis 3D antara lain maya3D, strata
3D CX, ulead COOL 3D, dan swift 3D
selain itu ada pula draw
software yang bisa digunakan dalm bidang teknik (perancangan) seperti
autocad dan 3D home architect.
2. grafis berbasis bitmap
Grafis berbasis bitmap
dikenal juga dengan istilah grafis raster.
Pada citra grafis berbasis
bitmap, terdapat ciri-ciri sebagai berikut.
a. tersusun oleh sebaran
titik-titik yang disebut pixel (picture element) beragam warna. pixel
sendiri tersebar dalam grid.
b. bersifat resolution
dependent artinya kualitas gambar tergantung pada resolusi. semakin
besar resolusinya gambar yang dihasilkan semakin baik. sebuah
citra bitmap yamg akan di perbesar melebihi ukuran normanya akan
tampak kasar (pecah-pecah)
c. cocok untuk pmbuatan
gambar dengan warna yang komplek
e. mampu menyimpan gambar
dengan format: JPG, JPRG, BMP, TIFF, PCK, dan, PNG
f. cocok dipakai untuk
gambar-gambar dengan efek bayangan (shading) yang halus
g. space penyimpanan lebih
besar.
software aplikasi grafis
bebasis bitmap sering disebut sebagai paint software. seperti halnya
pada draw software, paint software meliputi pengolah grafis 2D dan
3D
a. software aplikasi
grafis bebasis bitmap 2D
termasuk kategori ini antara lain paint, microsoft
photo eitor, adobe photoshop, dan corel photo paint
b. software aplikasi
grafis berbasis bitmap 3D
paint software intuk
grafis 3D antara lain digital nendo dan digital clay
B. MENU DAN IKON PROGRAM
PEMBUAT GRAFIS BERBASIS VEKTOR
sering mendengar istilah
coreldraw? bagi para design, sudah tidak asing lagi dengan program
aplikasi CorelDRAW. Coreldraw adalah sebuah program editor grafik
vektor yang diciptakan oleh corel, sebuah perusahaan di kanada, tahun
2008, corel mengeluarkan versi terbarunya, yaitu versi 14 atau yang
kita sering kita kenal X4. dalam mengenal coreldraw ini, kita
menggunkan versi 12.
program coreldraw banyak
digunakn di industri desain grafis selain adobe photoshop, ilustrator
maupun macromedia freehand. coreldraw ini banyak digunakan untuk
mendesain berbagai macam media publikasi mulai dari majalah, tabloid,
buku dan lain-lain.
1. lembar kerja coreldraw
untuk melihat lebar kerja program coreldraw kita harus
menjalankan dulu program tersebut. progarm coreldraw yang akan
digunakna disini adalah coreldraw versi 12.
caranya:
a. klik tobol start
b. pilih program
c. klik dan pilih
coreldraw graphic suite 12
d. klik coreldraw, tunggu beberapa saaat sampai jendela
dialog ditampilkan, seperti gambar 1.1
e. klik new graphic,
untuk pertama kali membuat file corel draw, tunggu beberapa saat
sampai ditampilkan area kerja coreldraw. (gambar.2)
Pada gambar di atas,
ditunjukkan enam ikon yang dapat dipilih, yaitu:
- New : untuk membuka
dokumen yang grafis yang baru
- Open : untuk membuka
dokumen yang grafis yang pernah disimpan
- Recently Used : untuk
membuka dokumen grafis yang terakhir kali dibuka
- New From Template :
untuk memulai membuat desain dari dokumen grafis/template yang telah
disediakan oleh CorelDraw
- Corel Tutor : membuka
fasilitas tutorial CorelDraw
- What New : mengetahui
fasilitas terbaru yang dimiliki CorelDraw
Jika tampilan ini tidak
diinginkan selalu tampil disetiap awal membuka program CorelDraw,
hilangkan tanda check box pada tab: Show the welcome screen at
startup.
a. Title bar : judul atau
petunjuk program dan dokumen grafis yang sedang aktif. Default nama
dokumen yang disediakan CorelDraw saat pertama kali dibuka adalah
Graphic1.
b. Toolbar Standard
Standar toolbar berisi
ikon-ikon untuk perintah standar seperti :
1) New 8) Undo
2) Open 9) Redo
3) Save 10) Import
4) Print 11) Export
5) Copy 12) Application
Launcher
6) Paste 13) Corel Online
7) Cut 14) zoom
c Property bar
Property bar berisi
menu-menu pengaturan dokumen. Tampilan property bar ini akan berbeda-
beda tergantung objek yang sedang kita akses. Gambar 1.3a menunjukkan
tampilan property bar jika ada objek lingkaran yang dibuat. Sedangkan
Gambar 1.3b menunjukkan tampilan property bar jika kita sedang
mengakses objek berupa teks.
d. Ruler atau penggaris:
berfungsi untuk mengukur kertas dan gambar yang digunakan. Ada dua
macam ruler, yaitu ruler horizontal dan ruler vertikal.
e. Docker window: jendela
seperti task pane yang menunjukkan setting yang digunakan karena kita
menggunakan menu tertentu.
f. Color palettes:
merupakan pilihan-pilihan warna yang dapat digunakan untuk mewarnai
objek
g. Halaman kerja: daerah
atau halaman yang digunakan untuk mendesain objek.
h. Scroll bar: menggulung
halaman secara vertikal atau horizontal.
i. Navigator: merupakan
daerah dimana indikator halaman yang aktif, jumlah halaman, dan dapat
digunakan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.
j. Toolbox: merupakan
perintah shortcut yang digunakan untuk membuat, mengubah, mengganti,
dan mengedit objek drawing.
1) Pick tool, berfungsi
untuk memilih, memindahkan, memutar objek
2) Shape Tools, untuk
mengubah bentuk suatu objek.
3) Zoom tool, untuk
mengubah tampilan di layer.
4) Freehand Tools, untuk
membuat garis atau kurva secara bebas/ tidak beraturan.
5) Smart Drawing, untuk
membuat garis secara cerdas.
6) Rectangle, untuk
menggambar objek empat persegi panjang.
7) Ellipse Tools, untuk
menggambar ellips dan lingkaran.
8) Polygon Tool, untuk
menggambar objek segi banyak.
9) Basic Shapes Tools,
menyediakan bentuk-bentuk dasar objek
10) Text Tool, untuk
menuliskan teks pada lembar kerja CorelDraw
11) Interactive Blend
Tool, untuk membaurkan dua objek
12) Eyedropper Tool,
untuk mengambil warna dari objek.
13) Outline tool, untuk
mengatur pembuatan garis outline/tepi objek.
14) Fill Tool, untuk
mewarnai bidang objek
15) Interactive Fill
Tool, untuk mengisi warna pada bidang objek dengan interaktif.
k. Menu bar/pulldown menu
Pulldown menu merupakan
menu yang jika diklik akan memunculkan sederet menu di bawahnya (pull
= tarik, down = turun; jika menu tersebut ditarik (diklik) sederet
menu akan turun). Pulldown menu dalam CorelDraw terdiri atas menu
File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tool,
Window, dan Help. Huruf yang bergaris bawah pada tiap menu menyatakan
cara akses cepat menu itu melalui tombol keyboard (istilahnya: short
key). Contohnya, pullfown menu File, dengan huruf F digarisbawahi,
dapat diakses langsung dengan menekan tombol Alt dan F secara
bersamaan. Begitu pula pulldown menu Edit dengan garis bawah pada
huruf E dapat diakses langsung dengan menekan tombol Alt dan E secara
bersamaan. Dalam hal ini tidak dibedakan antara huruf kapital dan
huruf nonkapital.
Mengingat banyaknya
deretan menu di bawah tiap pulldown menu ini, hanya akan dibahas
beberapa di antaranya yang akan sering kita gunakan.
1) File, terdapat submenu:
- New : membuka file
baru yang masih kosong
- New From Template :
membuka file yang baru dari desain template
- Open : membuka file
yang pernah dibuat
- Close : menutup file
- Save : menyimpan file
desain grafis
- Save As : menyimpan
file dengan nama baru
- Revert : kembali ke
pertama kali sebelum disimpan
- Acquire Image :
melakukan scanning gambar
- Import : mengambil
file gambar yang tersimpan
- Export : menyimpan
gambar dengan format selain cdr
- Send To : mengirim
gambar ke desktop, my document dan lain-lain
- Print : mencetak
desain grafis
- Print Preview :
melihat hasil cetakan di layar
- Print Setup : mengatur
hasil pencetakan
- Prepare For Service
Bureau: mengubah file ke CDR
- Publish To The Web :
menyimpan ke halaman web
- Publish To PDF :
menyimpan dalam bentuk file PDF
- Document Info : meminta
properties tentang dokumen
2) Edit, terdapat submenu:
- Undo Mesh Fill :
membatalkan Mesh Fill yang terakhir
- Redo : kembali ke
sesudahnya
- Repeat : mengulang
- Cut : memotong objek
- Copy : menggandakan
objek dalam clipboard
- Paste : menampilkan
dari clipboard perintah cut dan copy
- Paste Special :
menampilkan dengan keadaan khusus
- Delete : menghapus
objek
- Symbol : membuat dan
mengedit simbol
- Duplicate :
menggandakan tanpa clipboard
- Clone : menggandakan
menikuti objek utama
- Copy Properties From:
mengopi dari properties
- Select All : memilih
semua objek
- Find and Replace :
mencari dan mengganti teks
- Insert Internet
Object : menyisipkan objek dari web
- Insert New Object :
menyisipkan objek yang baru
- Properties :
menampilkan properties objek
3) View, terdapat submenu:
- Simple Wireframe :
menampilkan layar simple wireframe
- Wireframe :
menampilkan dalam layar modus wireframe/kasar
- Draft : menampilkan
objek dalam modus draft/kasar
- Normal : menampilkan
objek & layar dalam modus normal
- Enhanced : menampilkan
layar modus enhanced/ halus
- Full Screen Preview :
menampilkan layar penuh
- Preview Selected Only:
menampilkan halaman tertentu
- Page Sorter View :
menampilkan semua halaman dalam sorter
- Rulers :
menampilkan/menghilangkan penggaris
- Grid :
menampilkan/menghilangkan garis latar
- Guidelines :
menampilkan/menghilangkan garis bantu
- Show : mengubah
tampilan di layar, seperti: batas kertas, dan lain-lain
- Enable Rollover :
menampilkan/menghilangkan tampilan Undo, Redo
- Snap To Grid : menuju
garis
- Snap To Guidelines :
menuju garis bantu
- Snap To Objects :
menuju objek tertentu
- Grid and Ruler Setup :
mengatur garis dan mistar
- Guidelines Setup :
mengatur garis bantu
- Snap To Objects Setup:
menuju setup objek
4) Layout, terdapat
submenu:
- Insert Page :
menyisipkan halaman baru
- Delete Page :
menghapus halaman
- Rename Page : mengubah
nama halaman
- Go To Page : menuju
halaman tertentu
- Switch Page
Orientation: berpindah ke orientasi halaman
- Page Setup : mengatur
setup halaman
- Background : mengatur
latar belakang halaman
5) Arrange, terdapat
submenu:
- formations :
mentransformasikan objek
- Clear Transformations:
menghilangkan transformasi
- Align and Distribute :
mengatur pendistribusian
- Order : mengatur
posisi objek
- Group : menggabung
objek
- Ungroup : membatalkan
group
- Ungroup All :
membatalkan group keseluruhan
- Combine :
mengombinasikan/menggandakan objek
- Break Apart : memecah
objek
- Lock Object : mengunci
objek
- Shaping :
mengubah/memotong bentuk objek
6) Effects, terdapat
submenu:
- Adjust : mengatur
komposisi
- Transform :
mentransformasi
- Correction :
memperbaiki coretan-coretan
- Artistic Media :
memberi garis seni
- Blend : menggabungkan
2 objek
- Countur : memberi efek
kontur
- Envelope : membuat
ambar envelope
- Extrude : memberi efek
extrude
- Lens : memberi efek
lensa
- Add Perspective :
memberi efek perspektif
- Power Clip : memberi
efek power klip
- Rellover : memberi
efek putar
- Clear Effect :
menghilangkan efek
- Copy Effect : menyalin
efek
- Clone Effect :
menggandakan efek
7) Bitmap, terdapat
submenu:
- Convert to Bitmap :
mengonversi ke modus bitmap
- Edit Bitmap : mengedit
desain berbasis bitmap
- Crop Bitmap : memotong
objek bitmap
- Trace Bitmap : membagi
bitmap
- Resample :
mengembalikan ke aslinya
- Mode : memberi mode
- Inflate Bitmap :
membuat flat bitmap
- Bitmap Color Mask :
memberi warna
- Resolve Link :
mengambil dari halaman internet
- Update Form Link :
mengupdate dari internet
- 3D Effects : memberi
efek 3 dimensi
- Art Strokes : memberi
efek seni
- Blur : memberi efek
blur
- Camera : menghamburkan
objek
- Color Transform :
mentransformasi warna
- Countour : memberi
kontur
- Creative : memberi
efek buatan sendiri
- Distort : membuat
bentuk tertentu
- Noise : memberi efek
terang gelap
- Sharpen : mempertajam
tampilan objek
8) Text, terdapat submenu:
- Format Text :
memformat teks
- Edit Text :
memperbaiki teks
- Insert Character :
menyisipkan karakter
- Fit Text To Path :
menggabungkan teks ke objek
- Fit Text To Frame :
menggabungkan teks ke Frame
- Align To Baseline :
meratakan
- Straighten Text :
komponen teks
- Writing Tool :
menampilkan tools pengetikan
- Change Case : mengubah
besar-kecil huruf
- Make Text Web
Compatible : menggunakan teks dari web yang cocok
- Convert : mengubah
teks
- Text Statistics :
mengatur properties teks
- Show Non-Printing
Characters : menampilkan karakter noncetak
- Link : menghubungkan
ke Internet
- Unlink : memutus
hubungan dengan internet
9) Tools, terdapat
submenu:
- Option : menampilkan
pilihan-pilihan
- Customization :
menampilkan tools
- Color Management :
menampilkan format warna
- Set Setting As-
Default : menyimpan setting
- Object Manager :
menampilkan objek manajer
- Object Data Manager :
menampilkan data manajer
- View Manager :
menampilkan zoom manajer
- Link Manager :
menampilkan link
- Undo Docker :
membatalkan perintah docker
- Internet Bookmark
Manager : menampilkan book
- Color Styles :
menampilkan format pewarnaan
- Palette Editor :
menampilkan palette
- Graphic and Text
Styles : menampilkan grafik
- Scrapbook :
menampilkan dari halaman internet
10) Window, terdapat
submenu:
- New Window : membuka
area kerja baru
- Cascade : penampilan
cascading
- Title Horizontally :
menampilkan tile horizontal
- Title Vertically :
menampilkan tile secara vertikal
- Arrange Icons :
menampilkan semua ikon
- Color Palettes :
menampilkan palette
- Dockers : menampilkan
docker
- Toolbars :
menampilkan toolbar
- Close : menutup
- Close All : menutup
semua file yang dibuka
- Refresh Window :
memperbaharui tampilan
11) Help, terdapat
submenu:
- Help Topics : meminta
bantuan per topik
- Corel TUTOR : meminta
bantuan secara tutorial
- What's New : meminta
informasi fasilitas terbaru
- Technical Support :
mengetahui teknis operasi
- Corel on the Web :
meminta informasi Corel di internet
- About CorelDraw :
meminta informasi CorelDraw yang digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar