Sevi Shine Princess

Selamat Datang Di Blog Saya. Selamat Bereksperimen :)

Daftar Blog Saya

Rabu, 17 April 2013

PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS

Nama   : SEVI AYU CLAUDIA
Kelas   : XII MULTIMEDIA 2

PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS

A.PROGRAM GRAFIS BERBASIS VEKTOR DAN BITMAP

program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya,seperti page maker, corel photo paint, corel draw, adobe photo shop dan masih banyak lagi yang lainnya. tetapi yang akan di bahas di sini program aplikasi coreldraw dan adobe photo shop.
Coreldraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.
sedangkan adobe photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di scan ke dalam komputer.

1. Pengertian grafis vektor dan bitmap
grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis. grafis bitmap adalah ojek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.

2. Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap

kelebihan grafis vektor
a. ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
b. objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
c. dapat dicetak pada resolusi tertinggi printer anda
d. menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

kekurangan grafis vektor
tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap.
kelebihan grafis bitmap
a. dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan
b. dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

kelemahan grafis bitmap
a. objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar di perbesar.
b. efek yang didapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah.

Program grafis secara umum terbagi menjadi dua:


1. Grafis berbasis vektor

Desain grafis vektor adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction.

Pada citra grafis bebasis vektor, terdapat ciri-ciri sebagai berikut.
a. tersusun oleh kurva (path). Path terdiri dari garis dan beberapa titik atau disebut anchor point.
b. bersifat resulotion independent, artinya kualitas gambarnya tetap baik tanpa bergantung resolusinya. jika gambar di perbesar, warna tetap
kontinu/baik dan tidak pecah warna maupun bentuknya.
c. cocok untuk pembuatan gambar dengan warna yang sederhana.
d. gradasi warna harus diolah dulu oleh desainer.
e. menyimpan gambar dengan format EPS, VMF, atau sesuai dengan program yagn dijalankan, misalkan coreldraw dengan format CDR, Macromedia freehand dengan format F, adobe ilustrator dengan format AI.
f. nyaman digunakan untuk me-layout publishing, membuat font, dan ilustrasi
g. space penyimpanan lebih kecil.

Software untuk ,menghasilkan citra grafis bebasis vektor dikenal dengan istilah draw software. software ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu software aplikasi gratis berbasis vektor s dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D).

a. software aplikasi grafis bebasis vektor 2D
yang termasuk kategori ini antara lain adobe ilustrator, macromedia freehand, dan corel draw.
b. software untuk grafis 3D antara lain maya3D, strata 3D CX, ulead COOL 3D, dan swift 3D
selain itu ada pula draw software yang bisa digunakan dalm bidang teknik (perancangan) seperti autocad dan 3D home architect.


2. grafis berbasis bitmap
Grafis berbasis bitmap dikenal juga dengan istilah grafis raster.
Pada citra grafis berbasis bitmap, terdapat ciri-ciri sebagai berikut.
a. tersusun oleh sebaran titik-titik yang disebut pixel (picture element) beragam warna. pixel sendiri tersebar dalam grid.
b. bersifat resolution dependent artinya kualitas gambar tergantung pada resolusi. semakin besar resolusinya gambar yang dihasilkan semakin baik. sebuah citra bitmap yamg akan di perbesar melebihi ukuran normanya akan tampak kasar (pecah-pecah)
c. cocok untuk pmbuatan gambar dengan warna yang komplek
e. mampu menyimpan gambar dengan format: JPG, JPRG, BMP, TIFF, PCK, dan, PNG
f. cocok dipakai untuk gambar-gambar dengan efek bayangan (shading) yang halus
g. space penyimpanan lebih besar.


software aplikasi grafis bebasis bitmap sering disebut sebagai paint software. seperti halnya pada draw software, paint software meliputi pengolah grafis 2D dan 3D

a. software aplikasi grafis bebasis bitmap 2D
termasuk kategori ini antara lain paint, microsoft photo eitor, adobe photoshop, dan corel photo paint
b. software aplikasi grafis berbasis bitmap 3D
paint software intuk grafis 3D antara lain digital nendo dan digital clay


B. MENU DAN IKON PROGRAM PEMBUAT GRAFIS BERBASIS VEKTOR
sering mendengar istilah coreldraw? bagi para design, sudah tidak asing lagi dengan program aplikasi CorelDRAW. Coreldraw adalah sebuah program editor grafik vektor yang diciptakan oleh corel, sebuah perusahaan di kanada, tahun 2008, corel mengeluarkan versi terbarunya, yaitu versi 14 atau yang kita sering kita kenal X4. dalam mengenal coreldraw ini, kita menggunkan versi 12.
program coreldraw banyak digunakn di industri desain grafis selain adobe photoshop, ilustrator maupun macromedia freehand. coreldraw ini banyak digunakan untuk mendesain berbagai macam media publikasi mulai dari majalah, tabloid, buku dan lain-lain.
1. lembar kerja coreldraw
untuk melihat lebar kerja program coreldraw kita harus menjalankan dulu program tersebut. progarm coreldraw yang akan digunakna disini adalah coreldraw versi 12.
caranya:
a. klik tobol start
b. pilih program
c. klik dan pilih coreldraw graphic suite 12
d. klik coreldraw, tunggu beberapa saaat sampai jendela dialog ditampilkan, seperti gambar 1.1
e. klik new graphic, untuk pertama kali membuat file corel draw, tunggu beberapa saat sampai ditampilkan area kerja coreldraw. (gambar.2)
Pada gambar di atas, ditunjukkan enam ikon yang dapat dipilih, yaitu:
- New : untuk membuka dokumen yang grafis yang baru
- Open : untuk membuka dokumen yang grafis yang pernah disimpan
- Recently Used : untuk membuka dokumen grafis yang terakhir kali dibuka
- New From Template : untuk memulai membuat desain dari dokumen grafis/template yang telah disediakan oleh CorelDraw
- Corel Tutor : membuka fasilitas tutorial CorelDraw
- What New : mengetahui fasilitas terbaru yang dimiliki CorelDraw
Jika tampilan ini tidak diinginkan selalu tampil disetiap awal membuka program CorelDraw, hilangkan tanda check box pada tab: Show the welcome screen at startup.
a. Title bar : judul atau petunjuk program dan dokumen grafis yang sedang aktif. Default nama dokumen yang disediakan CorelDraw saat pertama kali dibuka adalah Graphic1.
b. Toolbar Standard
Standar toolbar berisi ikon-ikon untuk perintah standar seperti :
1) New 8) Undo
2) Open 9) Redo
3) Save 10) Import
4) Print 11) Export
5) Copy 12) Application Launcher
6) Paste 13) Corel Online
7) Cut 14) zoom

c Property bar
Property bar berisi menu-menu pengaturan dokumen. Tampilan property bar ini akan berbeda- beda tergantung objek yang sedang kita akses. Gambar 1.3a menunjukkan tampilan property bar jika ada objek lingkaran yang dibuat. Sedangkan Gambar 1.3b menunjukkan tampilan property bar jika kita sedang mengakses objek berupa teks.
d. Ruler atau penggaris: berfungsi untuk mengukur kertas dan gambar yang digunakan. Ada dua macam ruler, yaitu ruler horizontal dan ruler vertikal.
e. Docker window: jendela seperti task pane yang menunjukkan setting yang digunakan karena kita menggunakan menu tertentu.
f. Color palettes: merupakan pilihan-pilihan warna yang dapat digunakan untuk mewarnai objek
g. Halaman kerja: daerah atau halaman yang digunakan untuk mendesain objek.
h. Scroll bar: menggulung halaman secara vertikal atau horizontal.
i. Navigator: merupakan daerah dimana indikator halaman yang aktif, jumlah halaman, dan dapat digunakan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.
j. Toolbox: merupakan perintah shortcut yang digunakan untuk membuat, mengubah, mengganti, dan mengedit objek drawing.

1) Pick tool, berfungsi untuk memilih, memindahkan, memutar objek
2) Shape Tools, untuk mengubah bentuk suatu objek.
3) Zoom tool, untuk mengubah tampilan di layer.
4) Freehand Tools, untuk membuat garis atau kurva secara bebas/ tidak beraturan.
5) Smart Drawing, untuk membuat garis secara cerdas.
6) Rectangle, untuk menggambar objek empat persegi panjang.
7) Ellipse Tools, untuk menggambar ellips dan lingkaran.
8) Polygon Tool, untuk menggambar objek segi banyak.
9) Basic Shapes Tools, menyediakan bentuk-bentuk dasar objek
10) Text Tool, untuk menuliskan teks pada lembar kerja CorelDraw
11) Interactive Blend Tool, untuk membaurkan dua objek
12) Eyedropper Tool, untuk mengambil warna dari objek.
13) Outline tool, untuk mengatur pembuatan garis outline/tepi objek.
14) Fill Tool, untuk mewarnai bidang objek
15) Interactive Fill Tool, untuk mengisi warna pada bidang objek dengan interaktif.

k. Menu bar/pulldown menu
Pulldown menu merupakan menu yang jika diklik akan memunculkan sederet menu di bawahnya (pull = tarik, down = turun; jika menu tersebut ditarik (diklik) sederet menu akan turun). Pulldown menu dalam CorelDraw terdiri atas menu File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tool, Window, dan Help. Huruf yang bergaris bawah pada tiap menu menyatakan cara akses cepat menu itu melalui tombol keyboard (istilahnya: short key). Contohnya, pullfown menu File, dengan huruf F digarisbawahi, dapat diakses langsung dengan menekan tombol Alt dan F secara bersamaan. Begitu pula pulldown menu Edit dengan garis bawah pada huruf E dapat diakses langsung dengan menekan tombol Alt dan E secara bersamaan. Dalam hal ini tidak dibedakan antara huruf kapital dan huruf nonkapital.
Mengingat banyaknya deretan menu di bawah tiap pulldown menu ini, hanya akan dibahas beberapa di antaranya yang akan sering kita gunakan.

1) File, terdapat submenu:

- New : membuka file baru yang masih kosong
- New From Template : membuka file yang baru dari desain template
- Open : membuka file yang pernah dibuat
- Close : menutup file
- Save : menyimpan file desain grafis
- Save As : menyimpan file dengan nama baru
- Revert : kembali ke pertama kali sebelum disimpan
- Acquire Image : melakukan scanning gambar
- Import : mengambil file gambar yang tersimpan
- Export : menyimpan gambar dengan format selain cdr
- Send To : mengirim gambar ke desktop, my document dan lain-lain
- Print : mencetak desain grafis
- Print Preview : melihat hasil cetakan di layar
- Print Setup : mengatur hasil pencetakan
- Prepare For Service Bureau: mengubah file ke CDR
- Publish To The Web : menyimpan ke halaman web
- Publish To PDF : menyimpan dalam bentuk file PDF
- Document Info : meminta properties tentang dokumen

2) Edit, terdapat submenu:
- Undo Mesh Fill : membatalkan Mesh Fill yang terakhir
- Redo : kembali ke sesudahnya
- Repeat : mengulang
- Cut : memotong objek
- Copy : menggandakan objek dalam clipboard
- Paste : menampilkan dari clipboard perintah cut dan copy
- Paste Special : menampilkan dengan keadaan khusus
- Delete : menghapus objek
- Symbol : membuat dan mengedit simbol
- Duplicate : menggandakan tanpa clipboard
- Clone : menggandakan menikuti objek utama
- Copy Properties From: mengopi dari properties
- Select All : memilih semua objek
- Find and Replace : mencari dan mengganti teks
- Insert Internet Object : menyisipkan objek dari web
- Insert New Object : menyisipkan objek yang baru
- Properties : menampilkan properties objek

3) View, terdapat submenu:
- Simple Wireframe : menampilkan layar simple wireframe
- Wireframe : menampilkan dalam layar modus wireframe/kasar
- Draft : menampilkan objek dalam modus draft/kasar
- Normal : menampilkan objek & layar dalam modus normal
- Enhanced : menampilkan layar modus enhanced/ halus
- Full Screen Preview : menampilkan layar penuh
- Preview Selected Only: menampilkan halaman tertentu
- Page Sorter View : menampilkan semua halaman dalam sorter
- Rulers : menampilkan/menghilangkan penggaris
- Grid : menampilkan/menghilangkan garis latar
- Guidelines : menampilkan/menghilangkan garis bantu
- Show : mengubah tampilan di layar, seperti: batas kertas, dan lain-lain
- Enable Rollover : menampilkan/menghilangkan tampilan Undo, Redo
- Snap To Grid : menuju garis
- Snap To Guidelines : menuju garis bantu
- Snap To Objects : menuju objek tertentu
- Grid and Ruler Setup : mengatur garis dan mistar
- Guidelines Setup : mengatur garis bantu
- Snap To Objects Setup: menuju setup objek

4) Layout, terdapat submenu:
- Insert Page : menyisipkan halaman baru
- Delete Page : menghapus halaman
- Rename Page : mengubah nama halaman
- Go To Page : menuju halaman tertentu
- Switch Page Orientation: berpindah ke orientasi halaman
- Page Setup : mengatur setup halaman
- Background : mengatur latar belakang halaman

5) Arrange, terdapat submenu:
- formations : mentransformasikan objek
- Clear Transformations: menghilangkan transformasi
- Align and Distribute : mengatur pendistribusian
- Order : mengatur posisi objek
- Group : menggabung objek
- Ungroup : membatalkan group
- Ungroup All : membatalkan group keseluruhan
- Combine : mengombinasikan/menggandakan objek
- Break Apart : memecah objek
- Lock Object : mengunci objek
- Shaping : mengubah/memotong bentuk objek

6) Effects, terdapat submenu:
- Adjust : mengatur komposisi
- Transform : mentransformasi
- Correction : memperbaiki coretan-coretan
- Artistic Media : memberi garis seni
- Blend : menggabungkan 2 objek
- Countur : memberi efek kontur
- Envelope : membuat ambar envelope
- Extrude : memberi efek extrude
- Lens : memberi efek lensa
- Add Perspective : memberi efek perspektif
- Power Clip : memberi efek power klip
- Rellover : memberi efek putar
- Clear Effect : menghilangkan efek
- Copy Effect : menyalin efek
- Clone Effect : menggandakan efek

7) Bitmap, terdapat submenu:
- Convert to Bitmap : mengonversi ke modus bitmap
- Edit Bitmap : mengedit desain berbasis bitmap
- Crop Bitmap : memotong objek bitmap
- Trace Bitmap : membagi bitmap
- Resample : mengembalikan ke aslinya
- Mode : memberi mode
- Inflate Bitmap : membuat flat bitmap
- Bitmap Color Mask : memberi warna
- Resolve Link : mengambil dari halaman internet
- Update Form Link : mengupdate dari internet
- 3D Effects : memberi efek 3 dimensi
- Art Strokes : memberi efek seni
- Blur : memberi efek blur
- Camera : menghamburkan objek
- Color Transform : mentransformasi warna
- Countour : memberi kontur
- Creative : memberi efek buatan sendiri
- Distort : membuat bentuk tertentu
- Noise : memberi efek terang gelap
- Sharpen : mempertajam tampilan objek

8) Text, terdapat submenu:
- Format Text : memformat teks
- Edit Text : memperbaiki teks
- Insert Character : menyisipkan karakter
- Fit Text To Path : menggabungkan teks ke objek
- Fit Text To Frame : menggabungkan teks ke Frame
- Align To Baseline : meratakan
- Straighten Text : komponen teks
- Writing Tool : menampilkan tools pengetikan
- Change Case : mengubah besar-kecil huruf
- Make Text Web Compatible : menggunakan teks dari web yang cocok
- Convert : mengubah teks
- Text Statistics : mengatur properties teks
- Show Non-Printing Characters : menampilkan karakter noncetak
- Link : menghubungkan ke Internet
- Unlink : memutus hubungan dengan internet

9) Tools, terdapat submenu:
- Option : menampilkan pilihan-pilihan
- Customization : menampilkan tools
- Color Management : menampilkan format warna
- Set Setting As- Default : menyimpan setting
- Object Manager : menampilkan objek manajer
- Object Data Manager : menampilkan data manajer
- View Manager : menampilkan zoom manajer
- Link Manager : menampilkan link
- Undo Docker : membatalkan perintah docker
- Internet Bookmark Manager : menampilkan book
- Color Styles : menampilkan format pewarnaan
- Palette Editor : menampilkan palette
- Graphic and Text Styles : menampilkan grafik
- Scrapbook : menampilkan dari halaman internet

10) Window, terdapat submenu:
- New Window : membuka area kerja baru
- Cascade : penampilan cascading
- Title Horizontally : menampilkan tile horizontal
- Title Vertically : menampilkan tile secara vertikal
- Arrange Icons : menampilkan semua ikon
- Color Palettes : menampilkan palette
- Dockers : menampilkan docker
- Toolbars : menampilkan toolbar
- Close : menutup
- Close All : menutup semua file yang dibuka
- Refresh Window : memperbaharui tampilan

11) Help, terdapat submenu:
- Help Topics : meminta bantuan per topik
- Corel TUTOR : meminta bantuan secara tutorial
- What's New : meminta informasi fasilitas terbaru
- Technical Support : mengetahui teknis operasi
- Corel on the Web : meminta informasi Corel di internet
- About CorelDraw : meminta informasi CorelDraw yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar